Benda Langit Berupa Gumpalan Batu Menyerupai Planet Adalah


4 BendaBenda Langit Selain Matahari dan Ruana Sagita

Pengertian Benda Langit Berupa Gumpalan Batu Menyerupai Planet

Benda langit berupa gumpalan batu menyerupai planet adalah objek langit yang biasanya terdiri dari es, debu, dan batuan. Objek ini memiliki ukuran yang bervariasi mulai dari beberapa meter hingga ratusan kilometer. Benda langit ini sering disebut sebagai planetesimal atau planetoid.

Ciri-Ciri Benda Langit Berupa Gumpalan Batu Menyerupai Planet

Benda langit berupa gumpalan batu menyerupai planet memiliki beberapa ciri-ciri, antara lain:

1. Terbentuk dari Sisa Pembentukan Tata Surya

Benda langit ini terbentuk dari sisa pembentukan tata surya, ketika materi di sekitar matahari mulai berkumpul membentuk planet-planet. Planetesimal yang lebih kecil kemudian terbentuk dari materi sisa tersebut.

2. Bentuknya Menyerupai Planet

Benda langit ini memiliki bentuk yang menyerupai planet, namun ukurannya lebih kecil dari planet-planet pada umumnya. Beberapa di antaranya bahkan memiliki satelit-satelit yang mengorbit di sekitarnya.

3. Berada di Sabuk Asteroid dan Sabuk Kuiper

Benda langit ini biasanya terdapat di sabuk asteroid dan sabuk Kuiper. Sabuk asteroid terletak di antara orbit planet Mars dan Jupiter, sedangkan sabuk Kuiper terletak di luar orbit planet Neptunus.

4. Banyak yang Menjadi Materi Pembentuk Komet

Beberapa benda langit berupa gumpalan batu menyerupai planet ini menjadi materi pembentuk komet. Ketika mendekati matahari, es pada komet akan menguap dan membentuk ekor komet yang indah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Benda Langit Berupa Gumpalan Batu Menyerupai Planet

1. Apa Bedanya Benda Langit Berupa Gumpalan Batu Menyerupai Planet dengan Asteroid?

Benda langit berupa gumpalan batu menyerupai planet memiliki ukuran yang lebih besar dari asteroid dan bentuknya menyerupai planet. Sedangkan asteroid biasanya berukuran lebih kecil dan berbentuk tidak teratur.

2. Apakah Benda Langit Berupa Gumpalan Batu Menyerupai Planet Berbahaya?

Benda langit ini tidak berbahaya jika tidak mengarah ke Bumi. Namun jika salah satu dari benda tersebut mengarah ke Bumi, maka dapat menimbulkan kerusakan yang besar.

Kesimpulan

Benda langit berupa gumpalan batu menyerupai planet adalah objek langit yang terbentuk dari sisa pembentukan tata surya dan memiliki bentuk yang menyerupai planet. Beberapa di antaranya bahkan menjadi materi pembentuk komet. Meskipun tidak berbahaya jika tidak mengarah ke Bumi, namun jika salah satu dari benda tersebut mengarah ke Bumi, maka dapat menimbulkan kerusakan yang besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal Yang Tercantum Dalam Ruang Lingkup Proposal Adalah

Tanya Jawab Soal: Gerakan Yang Memerlukan Ruangan Yang Luas Disebut Gerak

Bandingkan Tekanan Pada Kedua Puncak Tersebut Mengapa Demikian